Libur Lebaran, Purbalingga Siap Sambut Wisatawan, Targetkan Kunjungan 450 Ribu

PURBALINGGA – Sejumlah destinasi wisata di Purbalingga siap menyambut wisatawan pada libur Idul Fitri tahun 2019. Berbagai destinasi terus berbenah dan menambah wahana baru. Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata mentargetkan kunjungan wisatawan selama libur lebaran sebanyak 450 ribu wisatawan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga Yanuar Abidin, SH mengungkapkan, destinasi utama yang diperkirakan akan dibanjiri wisatawan yakni Owabong, Taman Wisata Purbasari Pancuranmas, Golaga (Goa Lawa Purbalingga), dan D’Las Desa Serang Karangreja. Selain itu ada juga destinasi lain seperti Doedirman Point (Monumen tempat Lahir Jenderal Soedirman), Pancuran Ciblon Bobotsari, Taman Bunga Kutabawa, dan 17 desa wisata lain juga siap menyambut wisatawan.

“Sejumlah destinasi utama itu terus berbenah, diantaranya menambah wahana baru. Kami perkirakan, destinasi ini akan dibanjiri wisatawan pada libur lebaran tahun ini,” kata Yanuar Abidin disela-sela melakukan pemantauan di sejumlah destinasi wisata, Jum’at (24/5).

Dikatakan Yanuar, wisatawan diprediksi mulai berkunjung ke destinasi wisata yang ada sebelum lebaran. Hal ini mengingat struktur waktu libur lebaran yang agak lama. Hari libur tanggal merah, cuti bersama dan libur bersama kemungkinan ada 11 hari. Tanggal 29 Mei malam atau 30 Mei, kemungkinan pemudik sudah mulai pulang kampung, dan biasanya ada yang sudah berkunjung ke tempat wisata. Seperti halnya pengalaman tahun lalu, ada dua hari libur sebelum hari H lebaran, dan ternyata destinasi wisata dibanjiri pengunjung.

“Untuk tahun ini, ada 6 hari libur sebelum hari H Idul Fitri, jadi kami prediksi, wisatawan yang melewati jalur wisata akan menyempatkan mengunjunginya,” kata Yanuar.

Ketika ditanya soal target kunjungan wisatawan selama libur lebaran, Yanuar memprediksi ada 450 ribu wisatawan yang akan datang ke Purbalingga. Pada tahun 2018 lalu, lanjut Yanuar, jumlah kunjungan wisatawan selama libur lebaran sekitar 425 ribu orang, dan terbesar berkunjung ke Owabong. “Tahun ini kami targetkan wisatawan sekitar 450 ribu orang yang akan mengunjung. Target ini menurut kami realistis, apalagi jalur tol trans Jawa dengan exit tol di Pemalang akan mempermudah wisatawan yang hendak datang ke Purbalingga ,” kata Yanuar.

Secara terpisah, Direktur Utama Perumda Owabong Drs Hartono mengatakan, untuk destinasi Owabong waterpark pihaknya tengah melakukan pembenahan antara lain penambahan wahana baru water splash, perbaikan keramik kolam olimpik, pengecatan bangunan, perbaikan paving dan peremajaan taman, penambahan toilet dan ruang ganti, pembaruan mesin ombak di kolam Sagara, dan pemasangan keramik lantai dasar kolam Sagara. Kemudian di Sanggaluri Park, manajemen Owabong memperbaiki nuansa wahana berbau Jepang, ada taman Jepang, istana kucing, taman kelinci, arena permainan anak, bom-bomcar, dan penambahan arena permainan balon air. “Untuk tiket masuk Owabong waterpark kami patok Rp 40 ribu, mulai tanggal 1 Juni 2019,” kata Hartono.

Sedang di Golaga, masih kata Hartono, dilakukan pembenahan pembuatan taman bunga, mushola, aula pertemuan, gasebo, pembangunan amphiteater, camping tree, landmark Golaga, pembenahan lava coffe shop di dalam goa, dan taman seni Golaga. “Tiket masuk Golaga selama libur lebaran kami patok Rp 25 ribu,” katanya.

Sementara itu Manajer Taman Wisata Purbasari Pancuranmas, Junjung SE mengatakan, meski pihaknya tidak menambah wahana baru, namun pembenahan yang dilakukan total pada penataan pedagang souvenir dan makanan. Pihaknya membangun 40 kios baru permanen dengan total anggaran Rp 450 juta. Selain itu juga menambah luasan area parkir di sisi Selatan. Tambahan kapasitas parkir sekitar untuk 50 kendaraan kecil.

“Kami tingkatkan pelayanan terbaik untuk wisatawan agar merasa nyaman saat berkunjung. Untuk tiket masuk kami tetapkan Rp 22 ribu atau naik Rp 20 ribu dari hari biasa sebelumnya. Untuk jumlah kunjungan, kami targetkan 50 ribu pengunjung selama 11 hari libur lebaran,” kata Junjung. (y)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *