Antisipasi Libur Lebaran, Ini yang Perlu Disiapkan Pengelola Wisata

Silaturahmi Insan Wisata Purbalingga

Purbalingga – Libur Lebaran diprediksi akan berdampak terhadap lonjakan kunjungan wisatawan di Purbalingga. Hal itu memerlukan kesiapan dari para pengelola daya tarik wisata agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan.

Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyampaikan ada sekitar 23 juta pemudik yang akan memasuki Jawa Tengah pada musim lebaran tahun ini, tentu saja termasuk Purbalingga. “Sektor wisata harus mempersiapkan diri sejak dini untuk menyambutnya karena pemudik sudah haus berwisata setelah 2 tahun dibatasi dan sekarang ada kelonggaran,” ujar Kadinporapar Prayitno dalam Silaturahmi Insan Wisata Purbalingga bertempat di Ruang Andrawina, Kompleks Owabong, Jumat (22/04).

Prayitno menyatakan selain menerapkan Sapta Pesona, pengelola wisata juga harus melakukan upaya khusus mengantisipasi libur lebaran. Menurutnya, pandemi covid belum menjadi endemi meskipun ada berbagai kelonggaran. “Protokol kesehatan tetap harus diterapkan, sarana prokes juga harus disiapkan,” imbuhnya.

 

Pengelola wisata diharapkan menyiapkan pos kesehatan dan pos informasi dengan petugas yang memadai. Kemudian, melakukan percepatan vaksinasi sampai tahap booster terhadap para pegawainya, juga yang terlibat dalam pengelolaan wisata seperti pedagang UMKM, petugas parkir dan lainnya.

Selain itu, kondisi wahana juga harus baik dan memperhatinan keselamatan pengguna. “Kami juga menghimbau untuk disiapkan pengaturan antrian dan potensi kerumunan di toilet, parkir, gazebo dan wahana,” imbuh Prayitno.

Selanjutnya, Prayitno juga menghimbau pengelola wisata berkoordinasi dengan lintas sektor untuk mengantisipasi ancaman keamanan dan timbulnya kemacetan. Ia juga menyampaikan jangan sampai terjadi pungli dan kenaikan harga tiket, souvenir dan parkir yang tidak wajar dan memberatkan pengunjung.

Prayitno berharap Wisata Purbalingga kembali bangkit dengan dukungan seluruh stakeholder terkait. “Tahun 2022 ini semoga bisa menjadi tahun kebangkitan pariwisata Purbalingga,” pungkasnya.

Salam Purbalingga Memikat

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.