Gebrak Pasar Wisata Digital: Dinporapar Purbalingga Gandeng Djalanin.com Angkat dan Pasarkan Potensi Desa Wisata

PURBALINGGA – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga menunjukkan komitmen serius dalam mengembangkan sektor pariwisata berbasis desa. Menyadari pentingnya digitalisasi dalam dunia pemasaran pariwisata Dinporapar Purbalingga mengambil langkah strategis dengan menjalin kemitraan bersama platform digital perjalanan, Djalanin.com.

Djalanin.com adalah sebuah platform layanan digital yang memiliki tugas dan fungsi utama yaitu Marketplace dan Layanan, Digitalisasi dan Manajemen, serta Pemasaran dan Promosi. Djalanin.com berdiri dibawah naungan PT Djalanin Wisata Jaya, yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur dan menjadi salah satu mitra Kementerian Pariwisata Republik Indonesia

Kolaborasi ini menjadi upaya nyata Dinporapar dan desa wisata untuk memperluas pemasaran sekaligus digitaliasi ticketing dan data kunjungan wisatawan yang diharapkan mampu mendongkrak angka kunjungan wisatawan, khususnya ke desa wisata yang tersebar di wilayah Purbalingga. “Kerjasama dengan platform digital Djalanin.com merupakan upaya dari Dinporapar dan desa wisata dalam memperluas pemasaran sekaligus digitalisasi tiketing dan data kunjungan” kata Sumarsono. Langkah ini dinilai krusial mengingat desa wisata merupakan ujung tombak pariwisata yang menawarkan pengalaman otentik, kearifan lokal, dan potensi alam yang unik.

Sebagai sampling dalam program ini, Djalanin.com dampingi 4 (empat ) Desa Wisata yaitu Desa Wisata Tlahab Lor Kecamatan Karangreja, Karangpucung Kecamatan Kertanegara, Selakambang Kecamatan Kaligondang dan Timbang kecamatan Kejobong.

Melalui kemitraan ini, desa wisata akan mendapatkan manfaat signifikan, antara lain:

  • Peningkatan Jangkauan Pasar: Produk dan paket wisata desa akan ditampilkan di platform Djalanin.com yang memiliki jangkauan pasar yang lebih luas, baik nasional maupun internasional.
  • Pengelolaan Paket Wisata Digital: Pokdarwis didorong untuk mampu menyusun dan mengelola paket-paket wisata yang menarik, yang kemudian dapat dipesan secara elektronik melalui platform.
  • Pemasaran yang Tepat Sasaran: Pemanfaatan fitur digital marketing akan membantu desa wisata mempromosikan keunikan mereka kepada segmen wisatawan yang relevan.
  • Managemen bank data wisatawan : Pengelola Desa Wisata akan memperoleh data terkait kunjungan wisatawan baik harian, mingguan, bulanan maupun tahunan

Kusno, salah satu pengelola Desa Wisata Selakambang mengatakan bahwa program kemitraan ini dinilai sangat baik dan strategis, mengingat jangkauan dari platform djalanin.com ini sudah taraf nasional. Beliau berharap dengan adanya kemitraan ini paket wisata desa wisata purbalingga khususnya yang ada di Selakambang mampu terangkat secara meluas yang ahirnya adalah berpengaruh terhadap naiknya kunjungan wisatawan. “program ini sangat baik, dan kami pasti menyambut dengan senang hati, dengan kami mengikuti program kemitraan ini berharap jangkauan pemasaran paket wisata kami akan lebih meluas ke khalayak masyarakat hingga nansional, saya juga ucapkan terimakasih kepada Dinporapar yang selalu mendukung langkah kami dalam mengembangkan potensi desa wisata” ucap Kusno.

Pada akhirnya, keberhasilan kemitraan Dinporapar Purbalingga dengan Djalanin.com akan menjadi tonggak penting dalam upaya daerah mengangkat potensi desa, memberdayakan ekonomi lokal, serta menjadikan pariwisata digital sebagai mesin penggerak utama pertumbuhan kunjungan wisata di Kabupaten Purbalingga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *