Riverboarding dan Bersih Sumber Owabong Masuk Agenda Event Wisata Jateng

rafting wabup

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan OlahRaga (Dinbudparpora) Kabupaten Purbalingga mengusulkan dua agenda besar yang akan digelar Owabong (Obyek Wisata Air Bojongsari) pada tahun 2014 masuk dalam agenda even wisata Jawa Tengah. Dua even tersebut yakni ‘Sejajar Indonesia II & Kejuaraan Nasional Riverboarding’, dan even ‘Bersih Sumber-Ruwat Bumi Owabong’. Diharapkan dengan masuknya dua agenda tersebut, akan mampu menarik kunjungan wisatawan baik domestik maupun wisatawan mancanegara ke Purbalingga.

Kepala Dinbudparpora Purbalingga Drs Akmad Khotib, M.Pd yang dihubungi melalui Kepala Bidang Pariwisata Ir Prayitno, M.Si mengungkapkan, riverboarding selain menjadi olah raga juga menjadi wisata minat khusus. Kejuaraan nasional riverboarding akan dipusatkan di Sungai Klawing pada 21-23 Pebruari 2014.  Selain Kejurnas, dalam agenda tersebut juga digelar sarasehan jajaran river rider se-Indonesia. Untuk agenda ini, Owabong telah menggandeng Tirta Seta Kayaking Klawing, Indonesia Riverboarding Aassociation (IRA), Pemkab Purbalingga serta dukungan Dinas Kebudayaan & Pariwisata Pemprov Jateng.

“Agenda Riverboarding ini untuk kali pertama digelar di Purbalingga, tujuannya untuk memperkenalkan riverboarding ke masyarakat Jateng. Selain itu juga untuk menggali potensi wisata masyarakat lokal dalam meningkatkan taraf hidup dan ekonomi serta menumbuhkembangkan kembali tradisi ‘kelen’ yang sudah ada sejak dulu kala. Riverboarding memang mirip saat orang menghanyutkan badan (kelen) dengan batang pisang, kayu atau bambu,” kata Prayitno, Rabu (2/10).

You may also like...

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *