Purbalingga Tuan Rumah Lomba PBB dan TUB Tingkat Bakorwil III

PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga menjadi tuan rumah lomba Tata Upacara Bendera (TUB) dan Peraturan Baris berbaris (PBB) tingkat Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Banyumas. Lomba akan digelar pada tanggal 17 Maret 2015 mendatang di lapangan parkir Gelanggang Olah Raga (GOR) Goentur Darjono untuk lomba tata upacara dan lapangan Indoor Samiaji untuk lomba PBB.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Drs Subeno, SE, M.Si mengatakan, meski lomba tingkat Bakorwil, namun untuk Purbalingga pesertanya dari eks Karesidenan Banyumas. Tercatat ada tujuh peserta  yang terinci dari empat tingkat SMP dan tiga tingkat SMA/SMK. Para peserta merupakan pemenang lomba yang sama tingkat kabupaten masing-masing. “Dari tujuh peserta tersebut, Kabupaten Banyumas tidak ikut mengirimkan peserta untuk tingkat SMP dan SMA, sedang Banjarnegara tidak mengirimkan peserta untuk tingkat SMP, sehingga  terdapat tambahan dua peserta tingkat SMP dari Purbalingga dan Cilacap,” kata Subeno, Rabu (11/3).

Lomba PBB dan TUB, jelas Subeno, dimaksudkan untuk membentuk karakter dan menanamkan rasa disiplin serta mempertebal semangat kebersamaan para siswa guna bekal di kehidupan mendatang. “Pemenang untuk tingkat SMA nantinya akan mengikuti lomba yang sama untuk tingkat Provinsi Jateng, sedang tingkat SMP hanya sampai tingkat Bakorwil,” jelas Subeno.

Sementara itu ketua panitia Bangun Irianto mengatakan peserta lomba masing-masing ada tujuh regu. Lima regu SMP masing-masing SMPN 5 Purbalingga, SMPN 3 Purbalingga, SMPN 5 Cilacap dan SMPN Majenang. Sedang tingkat SMA masing-masing SMK Penerbangan Purbalingga, SMAN 1 Bawang Banjarnegara dan SMK Karangpucung Cilacap. Pemenang akan dipilih juara I hingga III untuk masing-masing tingkat. Selain mendapat tropi dan piagam, juara  I akan mendapat uang tunai Rp 2,5 juta, Juara II Rp 1,5 juta dan juara III mendapat Rp 1 juta.  Untuk pemenang tingkat SMP karena tidak ada lomba sejenis untuk tingkat provinsi, maka panitia menyediakan hadiah piala bergilir. Unuk juara I SMA/SMK yang akan mewakili Bakorwil III akan dibantu dana Rp 2,5 juta untuk transportasi peserta.

Bangun menjelaskan, selain juara peregu, panitia juga menyediakan piagam dan penghargaan untuk 11 item petugas terbaik. Mereka antara lain untuk petugas komandan upacara, pengatur upacara, pembawa acara, pembawa teks Pancasila, pembaca pembukaan UUD 1945, dirijen paduan suara, pengibar bendera, dan pembaca doa,  “Untuk lomba PBB setiap regu diberi waktu tampil 30 menit, sedang tata upacara selama 45 menit,” kata Bangun yang juga kasi pemuda pada Bidang Pemuda dan Olahraga Dinbudparpora Purbalingga. (y)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *